Sabtu, 14 Januari 2012

Travelling? I loved to. Do you?



Someone said, "Travel: see and feel", and i think he's totally right about that. Sekarang ini travelling udah menjamur jadi hobi kebanyakan orang. Buat sebagian orang, travelling cuma selingan di sela-sela kesibukan. Buat sebagian yang lain udah jadi gaya hidup. 


Modusnya juga macem-macem. Misalnya, nih, seorang ekolog yang lagi neliti salah satu spesies baru di hutan hujan di berbagai pulau, atau fotografer yang pengen cari objek menarik buat dibidik. Ada lagi yang memang suka berpetualang ke tempat-tempat baru, atau bahkan punya obsesi buat keliling Indonesia dari Sabang sampe Merauke. Haha, ga kebayang tuh berapa lama selesainya. Yang jelas, travelling itu dilakukan orang karena perasaan senang dan tertarik dengan hal-hal baru, tempat yang belum pernah dikunjungi, atau rindu suasana berbeda. Travelling, momen bagus buat cari inspirasi saat kita ngerasa bosen sama hal-hal yang kita temui setiap hari. Kalo udah penat liat itu ituuu aja dari bangun tidur sampe tidur lagi, ga ada salahnya buat searching objek wisata menarik, packing barang bawaan, langsung tancep gas, deh. 


Selain manfaatnya sebagai pelepas penat, sumber inspirasi, dan penyalur hobi, ada juga nih gaya travelling yang 'agak' berlebihan dan sebenernya ga diperlukan. Contoh, ada orang yang suka pergi ke kota-kota besar sekadar nyari tempat makan, belanja, ato hang out. Walaupun nguras kocek, asal branded aja udah cukup ngeyakinin dirinya sendiri kalo all is well. Hidup cuma sekali, mamen! Percuma dong, kalo ga manfaatin waktu buat seneng-seneng, gitu kata mereka. Dunia ini dilihat dari segi materinya aja. Ga kepikir, deh sama apa yang bakal terjadi abis dia mati. Mereka pikir ga ada kehidupan lain selain di dunia ini. Mereka ini nih yang sering disebut kaum hedonis. Diambil dari istilah hedonisme yang diartikan secara sempit dan  bersinggungan sama materialisme. Padahal kata tetua jaman dulu tuh, "hidup itu hanya mampir minum”. Artinya, hidup itu cuma bentar. Yang kita minum pasti akan habis. Setelah itu ada kehidupan lain yang kekal, sedangkan nasib kita di sana ditentukan amal kita di dunia sekarang ini. 

Nah, daripada itu, mending ikut jejak mereka yang suka travelling di alam. Ngutip lirik salah satu lagu soundtracknya film "PSP Gie", "berbagi waktu dengan alam...kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya...hakikat manusia...". Ga salah lagi. Kalo kita udah menyatu dengan alam, kita jadi bisa ngerasa kecil di hadapan Tuhan. Ga ada apa-apanya, mamen! Dan mau menyatu dengan alam sebelah manapun ga masalah. Ada yang suka panjat gunung, ada yang lebih suka berenang di pantai. Ada juga orang-orang yang berani nantang maut dengan backpacking ke zone-zone ekstrem di berbagai penjuru dunia. Contohnya aja kayak yang di film "127 Hours". Tokoh utamanya diperanin James Franco yang jadi Harry Osborn di film Spiderman. Dia sampe ngorbanin tangan kanannya biar survive dan tetep hidup. Rekomendasi bagus tuh, buat para penggemar film. Hehe, bukan promosi lho. 
Kebanyakan orang pasti gak nolak kalo diajak ke tempat-tempat indah dan bebas polusi di alam bebas. Karena buat kita yang tinggal di kota dengan jumlah kendaraan tinggi, udara yang kita hirup gak sesehat yang seharusnya dan seringkali bikin sesak napas. Belum lagi stress karena beban pekerjaan atau beban kuliah. Kita memlilih pergi ke alam terbuka untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Kembali ke alam, kembali melihat kebesaran-Nya. Merasakan bahwa diri ini sangat kecil dan ga ada apa-apanya.
Definisi travelling mungkin akan berbeda kalo kita tanya ke semua orang. Dan pasti ada banyak tempat berbeda yang terpikirkan saat masing-masing dari kita ditanya, ke mana kau ingin pergi saat liburan?



Ada yang menjawab dengan bersemangat,
"Ke Gunung Bromo di Jawa Timur!"






"....lalu melihat sunrise
yang indah..."














Ada yang menjawab berbeda, "Aku ingin ke pantaai!" 


"...lalu melihat bayanganku di air..."

























                         


        "...bermain-main di pasir putih, menyambut ombak yang datang, 
                                  atau hanya merasakan angin yang menerpa wajahku..."








 Seorang lain menjawab, "Aku ingin keliling duniaaa!"




"...memandang Esplanade di                                     Singapura..."




"....atau mengunjungi
Twin Tower di Malaysia..."













Lain lagi kalo yang satu ini..."Aku mau lebih dekat dengan satwa!"


















Ke manapun kalian akan pergi, berbahagialah di setiap perjalanan itu. Karena emang, kesempatan ga selalu dateng dua kali. Sekalinya dapet, ga ada salahnya manfaatin sebaik mungkin. Ambil kamera, and say, "cheeeeesssseeee!" :D
Tentu travelling ga cuma bisa kita ambil seneng-senengnya aja, bro. Esensi Travelling juga ga perlu didapet jauh-jauh dan makan waktu lama. Dulu waktu ane lagi sering bolak-balik Magelang-Purworejo, ane naik bis antarkota yang berpintu dua -dan ga pernah ditutup- dengan penumpang bermacem bentuk. Kebanyakan penumpangnya masyarakat kelas menengah termasuk ane. Banyak tuh yang bawa barang jualan ato baru kulakan di pasar. Kalo pagi sekitar jam 7 ama jam pulang sekolah, busnya sampe miring, bro! Padet banget, dah! Udah panas, berebut oksigen, kehimpit sana, kehimpit sini, mana laperrr pula. 
Walaupun kudu sabar, dari situ ane bisa ngliat kehidupan orang lain. Ane bisa belajar gimana susahnya cari uang. Ane belajar dari pak sopir. Berapa kali aja tuh, mantengin jalur yang sama di belakang setir? Ane belajar dari pak kondektur. Apa ga masuk angin, ya, berdiri di pintu bus sepanjang hari? Ane belajar dari simbah-simbah yang jualan di pasar. Apa ga keberatan bawa barang dagangan segitu banyak? Kira-kira laku ga, ya? Dan banyak lagi pertanyaan yang muncul saat ane see.
Feel bakal muncul setelah see.
Hasilnya, ane belajar bersyukur. Ane ga perlu duduk berjam-jam di belakang kemudi. Ane ga perlu masuk angin buat cari duit barang seribu, dua ribu. Ane ga perlu mikul berkilo-kilo karung dagangan sampe kurus. Ane merasa beruntung. Seandainya ane jadi mereka, mungkin ane ga kuat. Begitu hebatnya perjuangan mereka buat cari nafkah untuk menghidupi keluarga.
Selain rasa syukur itu, travelling bisa memunculkan ide-ide yang ga terpikir sebelumnya. Kan sering, ya, kalo ane lagi di perjalanan trus pikiran melayang-layang sampe mana-mana. Dari hal penting sampe yang geje sekalipun :D. Ga jarang ane jadi keingetan sesuatu ato nemuin ide baru. Tr0avelling jadi runner up, deh buat kategori “tempat terciptanya ide brilian”. Juara pertamanya, jelas,... kamar mandi! Hehhe :D. Itu versi ane. Kalo ada yang versi lain silakan aja, bro :D
So, travel: see and feel.
Can you see it? And then, feel it!

3 komentar:

  1. Aku keseringnya jalan2 ke suatu tempat tanpa tujuan... :D Biasanya kalau sedang punya beban dan butuh waktu menyendiri...

    BalasHapus
  2. Asseekk...hang out sesekali bagus juga...buat merenung, nglurusin niat lagi...sayangnya, di Jogja gak ada tempat buat menyendiri, kecuali harus jalan jauh dulu ke pinggir kota...biasanya ke mana, mas, kalo lg pengen sendiri? :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus